Monday, January 6, 2014

Asal-usul nama bulan

malam guys...
hari ini gue mau berbagi cerita menarik tentang asal-usul nama bulan pada kalender kita.. pada hapal kan urutan nama bulan kita, kalo enggak hapal waduuh kebangetan parah!! haha...
yuk mulai aja :D


1. JANUARI
    Nih dalam mitologi romawi kuno, dikenal seorang dewa berwajah dua. satu menghadap ke depan dan satunya ke belakang. Untuk menentukan mana yang depan atau belakang, ditandai dengan wajah yang menghadap depan selalu tersenyum dan optimis, sedangkan yang menghadap ke belakang selalu terlihat muram dan sedih. dewa itu bernama Janus, yang bisa pula berarti pintu, gerbang, gapura, atau lorong masuk. Itulah mengapa bulan pertama setiap tahun dinamakan bulan JANUARI. Januarius Mensis adalah dalam bahasa latinnya.Makanya setiap awal tahun kita biasanya memiliki resolusi tahun baru yang didapatkan sari dualisme masa yaitu masa lampau dan masa mendatang (dengan berpijak dari masa lampau, kita akan meraih masa depan) dan mengisi waktu diantaranya berjuang dalam masa kini begitu...


2. FEBRUARI
    Masuk ke bulan penuh cinta haha iya karena pada bulan ini sebagian umat di seluruh dunia merayakan perayan hari valentine pada tanggal 14 february. hari valentine yang berarti hari penuh kasih sayang pada orang terdekat kita bisa orang tua kita, adik, kakak, pacar, suami, istri, anak, keluarga besar, atau teman kita sendiri :D (jadi lari topik haha) back to topic... Februari diambil dari bahasa belanda yang mebgambil dari bahasa latin, Februus, dewa penyucian. Bulan ini merupakan bulan istimewa. kenapa? karena panjangnya bisa 28 atau 29 hari pada tahun kabisat. Oleh bangsa romawi bulan ini dipandang sebagai waktu untuk merayakan upacara penyucian.


3. MARET
    hayoo siapa yang lahir di bulan maret harus tau kisah dibalik sebuah nama bulan maret ini.. haha.. ayolaah bahaas~ Maret berasal dari nama dewa mars, dewa perang. Pada mulanya, maret merupakan bulan pertama dalam kalender romawi, lalu pada tahun 45 SM Julius Caesar menambahkan bulan january dan february di depannya sehingga menjadi bulan ketiga. bulan ini memiliki 31 hari sobaat.


4. APRIL
    lanjuut bulan keempat, dimana bulan ini menjadi bulan untuk pemilihan legislatif di indonesia pada tanggal 9 april. haha ~sekedar ingetin.. April berasal dari nama Dewi Aprilis, atau dalam bahasa latin disebut juga aperire yang berarti 'membuka'. diduga kuat sebutan ini berkaitan dengan musim bunga dimana kelopak bunga mulai membuka. Juga diyakini sebagai nama lain dari dewi aphrodite atau apru, dewi cinta orang romawi.. wuiih~

5. MEI
    Mei bulan kelima dalam kalender gregorian. Namanya berasal dari bahasa latin yang kemungkinan besar merujuk kepada dewi maia yaitu dewi kesuburan bangsa..

6. JUNI
    bulan keenam dalam kalender gregorian ini diambil dari bahasa belanda yang mengambil bahasa latin dewi juno, sakti atau istri daripada dewi jupiter.

7. JULI
    Juli bulan ketujuh dimana bulan ini merupakan bulan kelahiran mamaku dan adikku haha... Juli diambil dari nama kaisar romawi. Julius Caesar yang lahir pada bulan ini :O. sebelumnya bulan ini disebut Quintilis yang berarti kelima dalam bahasa latin karena pada mulanya kalender romawi diawali pada bulan maret.

8. AGUSTUS
    yeeaayy!!! this is my birthday moon haha!! Agustus cukup menarik karena asal-usul pengambilan nama bulan ini tidak begitu jelas, tetapi kemungkinan besar diambil dari bahasa portugis "agosto" yang dipengaruhi oleh bahasa belanda "agustus". kedua nama tersebut merujuk kepada kaisar romaawi, Octavianus Augustus. Sebelumnya, bulan ini disebut Sextilis yang berrarti keenam dalam bahasa latin.

9. SEPTEMBER
    September diambil dari bahasa belanda yang mengambil dari bahasa latin. septem yang berati tujuh karena dahulu kala tahun bermula pada bulan maret, kemudiannya ditukar pada 153 SM 

10. OKTOBER
     yap! masuk ke bulan oktober. bulan kelahiran papa dan adekku yang kedua. bulan ini berasal dari bahasa latin octo, yang berati delapan.

11. NOVEMBER
      bulan kesebelas dalam kalender gregorian ini diambil dari bahasa belanda yang mengambil dari bahasa latin. novem yang berarti "sembilan"

12. DESEMBER
      selamat hari natal dan tahun baru yaeeay!!. yaap! desember identik dengan perayaan hari besar agama nasrani yaitu natal dan sekalian juga menyambut indahnya tahun baru yang akan datang. nama bulan ini diambil dari bahasa belanda yang mengambil dari bahasa latin yang berarti "sepuluh"

yeey selesai sudah kita bahas seluk beluk tentang asal-usul nama bulan kita.. lumayan buat nambahin pengetahuan kita agar makin bertambah luas!! yeey! :D semangat haha..

No comments:

Post a Comment